Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

(FOTO) AKSI PESAWAT TANPA AWAK WULUNG BUATAN INDONESIA

PUNA WULUNG, pesawat tanpa awak buatan BPPTKEHEBATAN PESAWAT TANPA AWAK (PUNA) WULUNG BUATAN BPPT. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)dan dan Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menguji coba pesawat tanpa awak di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis, 11 Oktober 2012.

Dalam uji coba ini, BPPT hanya menerbangkan satu pesawat PUNA Wulung dari lima pesawat yang sudah dibuat.

Peneliti BPPT, Adrian Zulkifli, mengatakan, pesawat ini nantinya digunakan untuk keperluan militer. Pesawat autopilot ini dilengkapi dengan kamera canggih untuk memproyeksikan medan.

Puna Wulung memakai mesin 2 tak. Untuk mendapatkan tenaga yang optimal, bahan bakar dipilih dari jenis pertamax. Bahan material pesawat ini menggunakan komposit (komposisi serat kaca, fiber, karbon). Sehingga mendapatkan struktur pesawat yang ringan.

Pesawat mampu terbang selama 4 jam tanpa henti. Jarak tempuh yang maksimalnya 70 kilometer, dengan kecepatan jelajah 52 hingga 69 knot. Puna Wulung bisa dikendalikan dengan jarak 73 kilometer dari remote control.

Menurut Adrian, Puna Wulung mampu terbang hingga ketinggian 12 ribu kaki. "Yang sudah diujikan sejauh 8.000 kaki," Adrian menjelaskan.

Pesawat tanpa awak ini dibuat sejak tahun 2002. Sejauh ini, BPPT telah membuat lima pesawat tanpa awak. Selain Puna Wulung, pesawat tanpa awak lainnya yang dibuat oleh BPPT adalah Puna Gagak, Puna Alap-Alap, dan Puna Pelatuk. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat lima pesawat serupa sekitar Rp6 miliar hingga Rp8 miliar.


Pesawat militer

Sebelumnya, menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan pesawat tanpa awak ini sudah mendesak bagi Indonesia karena banyaknya wilayah di tanah air yang tidak bisa dijangkau oleh manusia. Daerah-daerah yang sulit dijangkau itu misalnya terletak di gunung berapi. Padahal, daerah-daerah tersebut kerap perlu didatangi untuk kepentingan penelitian.

Menurut Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, PUNA ini akan dikembangkan dan diproyeksikan untuk kepentingan militer.

PUNA diproyeksikan ke dalam Skuadron TNI AU. "Untuk sementara ini skuadron yang akan kita bangun memang untuk pengintaian atau pengamatan wilayah (surveillance)," ujarnya.

Tak hanya surveillance, PUNA ini juga diharapkan bisa dikembangkan untuk medan perang. Karena itu, pengembangan pesawat yang dinamai Wulung itu akan dikaji agar dipersenjatai dengan rudal. Dan, PUNA ini juga dapat dijadikan sebagai bombing, seperti Kamikaze pesawat pilot tunggal tentara Jepang yang menabrakan ke Pangkalan AS Pearl Harbour. Uji coba Pesawat tanpa awak WULUNG yang dipersiapkan menjadi pesawat militer Indonesia










Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/10/foto-aksi-pesawat-tanpa-awak-wulung.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

(FOTO) AKSI PESAWAT TANPA AWAK WULUNG BUATAN INDONESIA

Posted by Best SEO Easy, Published at 2:25 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment