Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

PANDUAN PENTING SEBELUM MEMBELI MOTOR BEKAS

Tips membeli motor bekas menurut polisi13 TIPS PENTING MEMBELI MOTOR BEKAS. Di tengah gencarnya persaingan munculnya motor-motor terbaru dengan harga yang juga makin terjangkau, ternyata tidak menurunkan minat masyarakat untuk tetap memilih motor bekas.

Motor bekas dengan kondisi baik menjadi pilihan mereka yang memiliki dana terbatas. Namun perlu kejelian dalam memilih motor bekas yang bagus. Jangan mudah tertipu hanya karena bodi motor yang masih terlihat bagus.

Berikut ini beberapa tips membeli motor bekas:

1. Cek harga pasaran

Jangan terjebak dengan harga motor yang lebih murah dari harga pasar. Motor bekas murah biasanya membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Jadi ada baiknya membeli motor yang sedikit mahal namun bisa dipertahankan kondisinya.

2. Cek nomor rangka dan mesin motor.

Untuk masyarakat yang berada di jajaran Polda Metro Jaya silahkan cek nomor polisi melalui layanan SMS layanan Polisi. Contoh : Metro B8118HJ Kirim ke 1717 sedangkan untuk yang berada di wilayah Jajaran Polda Jawa Timur, silahkan ketik : JATIM L4444LY kirim ke 1717.

3. Cek kondisi fisik

Periksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah semua parts masih orisinil atau tidak.

4. Cek kondisi oli motor

Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.

5. Cek speedometer

Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera diganti.

6. Hidupkan mesin motor

Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm.

7. Cek Tangki Bensin

Cek kondisi tangki bensin berikut bensin yang ada di tangki. Jika bensin keruh dan butek, ini bisa menjadi indikasi kalau motor sudah dalam kondisi tidak bergerak dalam beberapa waktu. Bensin yang tersimpan lama dapat mendatangkan malapetaka pada sepeda motor.

Kelembaban yang terbentuk di dalam tangki bensin penuh dan sebagian air dapat merusak tangki motor, mesin, dan karburator.

8. Cek perpindahan gigi

Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Kemudian jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan, Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

9. Cek rangka atau sasis motor

Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.

10. Cek kebocoran

Usahakan mencoba motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.

11. Cek kondisi kelistrikan

Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu, apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.

12. Kalau bisa cobalah test ride

Mintalah kepada si penjual agar bisa mencoba mengendarai motor tersebut dengan begitu kita bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dll.

13. Cek kondisi roda

Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda, kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang pernah mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis. Ciri-ciri motor bekas dengan kondisi bagus







Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/10/panduan-penting-sebelum-membeli-motor.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

PANDUAN PENTING SEBELUM MEMBELI MOTOR BEKAS

Posted by Best SEO Easy, Published at 9:53 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment