Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

INI DIA STANDAR PENILAIAN KURIKULUM BARU 2013

Perubahan kurikulum 2013STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF & PSIKOMOTORIK YANG PROPOSIONAL. Perubahan kurikulum yang akan diberlakukan pada 2013 mendatang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk aktif. Lihat juga STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN SD TERBARU 2013

Terdapat dua hal penting lain dalam Kurikulum 2013 adalah muatan lokal dan pengembangan diri. Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta Penjasorkes. Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran.

Pada kurikulum baru, siswa bukan lagi menjadi obyek tapi justru menjadi subyek dengan ikut mengembangkan tema yang ada.

Dengan adanya perubahan ini, tentunya berbagai standar dalam komponen pendidikan akan berubah. Baik dari standar isi, standar proses maupun standar kompetensi lulusan. Lalu bagaimana dengan standar penilaian? Apa yang akan dinilai oleh para guru dengan sistem pengajaran yang berbeda ini?

Berikut standar penilaian kurikulum 2013:

1. Siswa aktif

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa standar penilaian pada kurikulum baru tentu berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Mengingat tujuannya untuk mendorong siswa aktif dalam tiap materi pembelajaran, maka salah satu komponen nilai siswa adalah jika si anak banyak bertanya.

"Jadi nanti didasarkan pada keaktifan anak bertanya saat sedang belajar. Biasanya kan anak-anak malas bertanya, ini tidak bisa lagi," ujar Nuh di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

2. Proses dan hasil observasi siswa terhadap masalah

Selain keaktifan bertanya, komponen lain yang akan masuk dalam standar penilaian adalah proses dan hasil observasi siswa terhadap suatu masalah yang diajukan guru.

3. Kemampuan nalar

Kemampuan siswa menalar suatu masalah juga menjadi komponen penilaian sehingga anak terus diajak untuk berpikir logis.

"Kemampuan nalar ini juga yang penting. Di kurikulum baru, ini akan masuk standar penilaian untuk anak," jelas Nuh.

4. Presentasi

Yang terakhir adalah kemampuan anak berkomunikasi melalui presentasi mengenai tema yang dibahas.

Kurikulum 2013, akan menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional melalui penilaian berbasis test dan portofolio yang saling melengkapi. Kurikulum 2013




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/12/ini-dia-standar-penilaian-kurikulum.html?m=0
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

INI DIA STANDAR PENILAIAN KURIKULUM BARU 2013

Posted by Best SEO Easy, Published at 4:24 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment