Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

INFO LENGKAP SNMPTN 2013

SNMPTN 2013LANGKAH-LANGKAH SNMPTN 2013. Pelaksanaan SNMPTN tahun depan berbeda dengan jalur masuk tahun-tahun sebelumnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menghapus ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Lihat juga SYARAT SNMPTN 2013 UJIAN SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI.

Pelaksanaan pada 2013, hanya dilakukan melalui dua cara, yakni jalur undangan dan jalur mandiri. Namun, peserta yang ikut dalam SNMPTN tetap sama, yakni semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013. Hanya saja, peserta SNMPTN yang ikut ujian adalah yang lolos kualifikasi oleh pihak sekolah. Sementara kalau melalui jalur mandiri, biaya kuliahnya lebih mahal dari jalur reguler.

Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap, yaitu pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan pendaftaran. Berikut penjelasannya:

Pengisian PDSS
1. Kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.

2. Kepala sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.

3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah.

4. Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran Jalur Mandiri
1. Siswa pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

3. Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.

4. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.

5. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Info jadwal pelaksanaan

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah pada tahap pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dilakukan oleh pihak sekolah. Selanjutnya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

"SNMPTN 2013 diikuti 61 perguruan tinggi negeri," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) Prof. Dr. Djoko Santoso, M.Sc, dalam keterangannya, di Jakarta, (Kamis 27/12/2012).

Informasi yang disajikan meliputi persyaratan pendaftaran, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pemilihan Program Studi. "Informasi ini untuk dipelajari secara seksama oleh calon peserta SNMPTN 2013," dia mengimbuhkan.

Berikut jadwal pelaksanaan SNMPTN 2013:

Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013


Pemilihan program studi

Seleksi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dimulai. Jalur masuk perguruan tinggi negeri pada 2013 ini, memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, sama siswa tetap diperbolehkan memilih dua program pendidikan.

apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.

"Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua program studi yang diminati pada masing-masing PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan," penjelasan Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Prof. Akhmaloka, Ph.D,

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran. "Siswa pelamar tidak dikenai biaya pendaftaran,"


Syarat siswa boleh ikut SNMPTN 2013

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun depan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa parameter yang harus dilampaui siswa.

Pertama, parameter dari kemampuan atau potret asal sekolah calon mahasiswa. Hal ini bisa dinilai dari tingkat akreditasi sekolah siswa yang bersangkutan. Kemudian nilai alumni dari sekolah asal calon mahasiswa di ajang SNMPTN tiga tahun sebelumnya secara berturut-turut, mulai tahun 2010, 2011, dan 2012. Selanjutnya adalah tetap dari penilaian alumni sekolah asal calon mahasiswa namun dalam bidang nilai IPK selama perkuliahan tahap persiapan (semester 1 dan 2) di PTN masing-masing.

Kedua, parameter penilaian yang kedua adalah dari calon mahasiswa itu sendiri terkait nilai rapot atau akademiknya selama tiga tahun masa pembelajaran serta nilai Ujian Nasional (Unas).

"Untuk kategori ini, ITS memberikan otorisasi terhadap nilai mata pelajaran tertentu, misalkan jika si calon memilih salah satu jurusan di FTI, maka nilai fisika, matematika, dan bahasa inggrisnya yang diutamakan", terang Pembantu Rektor I ITS, Prof. Dr. Ing. Ir. Herman Sasongko, saat sosialisasi pelaksanaan SNMPTN kepada seluruh Kepala SMA/MA/SMK se-kota Surabaya, dalam keterangan tertulisnya di laman ITS, Jumat (28/12/2012).

Pelaksanaan SNMPTN tahun depan dapat dilakukan melalui tiga jalur, yakni jalur undangan undangan saja, kemudian jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN, dan terakhir seleksi mandiri PTN atau jalur kemitraan atau jalur mandiri.

Presentase kuota dari tiap pola itu juga berbeda. Untuk SNMPTN, kuota yang diberikan sebanyak 50 persen. Jalur SBMPTN sebesar30 persen dan sisanya 20 persen untuk jalur seleksi mandiri PTN. Setiap perguruan tinggi negeri akan membuat daftar daya tampung untuk diinformasikan ke calon mahasiswa melalui website masing-masing. Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/12/info-lengkap-snmptn-2013.html?m=0
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

INFO LENGKAP SNMPTN 2013

Posted by Best SEO Easy, Published at 4:50 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment