Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

PERANTAU FLORES JUGA RESMI BERLAKUKAN SISTEM RENTENIR


Sistem Rentenir Berlaku Bagi Perantau FloresPERANTAU FLORES JUGA RESMI BERLAKUKAN SISTEM RENTENIR. Sistem rentenir atau pinjaman uang berlaku bagi para perantau di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Bunga pinjaman bisa mencapai 100 persen per tahun dan menjadi sumber pendapatan baru di sana. Jika seseorang meminjamkan uang Rp 5 juta untuk dibawa ke Malaysia oleh calon perantau,baca juga HARGA TIKET WONDER GIRLS LIVE IN CONCERT JAKARTA INDONESIA 2012. ia akan mendapat kembalian Rp 10 juta pada satu tahun berikutnya, jika tidak dibayar pada tahun itu maka dua tahun kemudian akan dibayar Rp 20 juta dan seterusnya.

Kondisi ini menjadi tren hidup masyarakat di Flores Timur seperti pulau Adonara, Solor dan masyarakat kabupaten Lembata. Matias Mamu (56) salah satu tokoh masyarakat dari Pulau Adonara, Flores Timur di Larantuka, Kamis  mengatakan, sempat membangun rumah dan membiayai anak sekolah lewat meminjamkan uang kepada para calon perantau. "Tetapi tidak semua perantau mampu membayar uang itu sesuai kesepakatan.

Terkadang, modal pinjaman saja mereka tidak kembalikan dengan berbagai alasan seperti sakit, ditangkap polisi Malaysia, tidak mendapatkan pekerjaan selama di Malaysia dan lainnya," kata Mamu. Sebagai jaminan, biasanya calon perantau menyerahkan sebidang tanah kepada pemilik uang. Jika bunga uang tidak dikembalikan, tanah tersebut menjadi milik piutang. Sistem ini tidak ada ikatan hukum, hanya berdasarkan sikap saling percaya saja. Meski sistem ini dinilai merugikan pengutang, tetapi sampai hari ini masih dinilai relevan.

PERANTAU FLORES JUGA RESMI BERLAKUKAN SISTEM RENTENIR, Tangkal Rentenir, Pedagang Miskin Digerojok Hibah, Kredit Cinta Rakyat Bakal Atasi Rentenir, Rentenir Keruk Keuntungan, Bupati Bogor Minta Kades Tangkap Rentenir, Rentenir Jerat Petani di Pantura




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/09/perantau-flores-juga-resmi-berlakukan.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

PERANTAU FLORES JUGA RESMI BERLAKUKAN SISTEM RENTENIR

Posted by Best SEO Easy, Published at 10:58 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment