Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

INDONESIA WASPADA HANTAMAN METEOR SEPERTI DI RUSIA

Meteor jatuh di RusiaWADUH! WILAYAH INDONESIA DIBAYANGI ANCAMAN HANTAMAN ASTEROID SEPERTI DI RUSIA. Ledakan meteor di Chelyabinsk, Rusia, yang menyebabkan sekitar 1.200 orang terluka, menjadi 'alarm' bagi Indonesia. Hal ini dikemukakan ahli astronomi ITB, Hakim L. Malasan. Lihat juga FENOMENA ALAM BUKTI KAWAH RAKSASA AKIBAT LEDAKAN ASTEROID DI BUMI.

Hakim berharap kejadian tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan kemungkinan terjadinya hal serupa di Indonesia.

“Semoga kedepannya kesadaran masyarakat akan meningkat, bukan hanya sesaat (setelah peristiwa itu terjadi),” ucap Hakim .

Hakim menambahkan, Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan adanya ancaman hantaman asteroid yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Maka, perlu dibangun konsep perlindungan angkasa (spaceguard) yang serius.

“Pemerintah, melalui LAPAN, harus mulai serius membangun konsep spaceguard. Selama ini perlindungan wilayah difokuskan pada matra (dimensi) daratan dan bahari (laut). Matra dirgantara pun perlu diperhatikan. Pemerintah perlu mengembangkan konsep sky patrol di Indonesia.” Ujar Hakim.

Saat ini, Indonesia belum memiliki teknologi peringatan dini dan patroli antariksa, yang dapat mendeteksi potensi jatuhnya asteroid atau benda langit lainnya (misal, sampah luar angkasa).

Thomas Djamaluddin, astrofisikawan dari Lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan, tenologi untuk mendukung pengawasan benda natariksa sangat mahal. Di dunia, baru negara maju seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara di Eropa yang memilikinya.

“Ada cita-cita kearah sana, tapi saat ini belum memungkinkan untuk direalisasikan karena untuk membangunnya perlu dana besar. Ini juga terkait anggaran," ungkap Deputi Bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN ini.

Thomas menuturkan, “untuk menyiasati hal tersebut, pemerintah melakukan kerjasama internasional dengan negara lain di dunia, melalui mekanisme pertukaran data (data sharing)”.

Dikatakan Thomas, patroli antariksa dan sistem peringatan dini untuk mengantisipasi bencana akibat hantaman asteroid dan benda langit lainnya dibangun untuk kepentingan umat manusia di seluruh dunia tanpa ada sekat wilayah.

Apabila asteroid atau benda langit yang jatuh ke bumi berukuran besar, bencana yang mungkin terjadi tidak hanya menimpa negara yang menjadi lokasi yang dihantam tapi juga akan berpengaruh terhadap negara-negara disekitarnya. Mengerikan! Meteor jatuh di bumi Prediksi Ancaman meteor jatuh di Indonesia Ledakan meteor di wilayah Indonesia




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/02/indonesia-waspada-hantaman-meteor.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

INDONESIA WASPADA HANTAMAN METEOR SEPERTI DI RUSIA

Posted by Best SEO Easy, Published at 10:34 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment