Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

DITUDUH MELAKUKAN KEBOHONGAN PUBLIK, ANDREA HIRATA PERKARAKAN BLOGGER

Andrea Hirata penulis Novel Laskar PelangiHEBOH ANDREA HIRATA DITUDUH BERBOHONG SOAL PENERBITAN NOVEL 'LASKAR PELANGI' VERSI BAHASA INGGRIS. Sebuah tulisan blogger Damar Junianto di sebuah media online, berbuah gugatan. Tulisan Damar berjudul "Pengakuan Internasional Laskar Pelangi: Antara Klaim Andrea Hirata dan Faktanya", membuat novelis terkemuka Andrea Hirata berencana menggugat blogger tersebut karena merasa dituduh berbohong soal penerbitan buku Laskar Pelangi versi Bahasa Inggris. Lihat juga EKSTASI JENIS BARU MIRIP 'PERMEN ANAK-ANAK' DITEMUKAN POLISI DI BALI.

Dalam tulisan tersebut, Damar mengkritik klaim Andrea Hirata yang menyatakan bahwa hampir 100 tahun tidak ada karya sastra anak bangsa yang mendunia. Menurut dia, banyak penulis lain yang karyanya juga mendunia.

"Ketika Andrea Hirata menyatakan bahwa hampir seratus tahun tidak ada pembuktian ada karya anak bangsa mendunia, dengan mudah saya kategorikan Andrea Hirata lagi-lagi sedang melakukan klaim. Karena faktanya tidak benar demikian," tulis Damar.

Ia menyatakan, Pramoedya Ananta Toer juga diakui karyanya di dunia bahwa sastrawan dari Indonesia yang pernah dinobatkan sebagai kandidat peraih Nobel Sastra. YB Mangunwijaya juga mendapatkan pengakuan internasional. NH Dini, yang hampir menjadi kandidat Nobel juga termasuk.

Damar juga menuding Andrea melakukan kebohongan publik dengan cara sengaja menutup-nutupi fakta penerbit buku Laskar pelangi di Amerika Serikat. Sebelumnya, Andrea mengaku bukunya diterbitkan Farrar, Straus and Giroux?, salah satu penerbit besar yang terkenal menerbitkan karya-karya peraih Nobel Sastra maupun Pulitzer.

Namun, menurut penelusurannya, sebenarnya penerbit buku Andrea bukanlah FSG melainkan Sarah Crichton Books, imprint dari FSG, yang menerbitkan beragam karya sastra dan fiksi dan non-fiksi komersil.

"Berdasarkan fakta ini, ada detil kecil yang tidak disampaikan kepada kita sebagai pembaca/publik oleh Andrea Hirata. Informasi mengenai imprint dipotong dan diklaim bagian FSG hanya untuk kepentingan pencitraan (marketing), seolah-olah benar ada seorang penulis dari Indonesia yang telah kontrak dengan FSG," tulis dia.

Bantahan Andrea Hirata

Andrea memutuskan untuk mengugat secara hukum Damar Julianto dan menunjuk Yusril Ihza Mahendra dari Ihza dan Ihza Law Firm sebagai kuasa hukumnya.

Andrea menjawab tulisan Damar tersebuat lewat email dalam tulisan "Andrea Hirata Menjawab: Penulis Indonesia Mencari Keadilan."

"Saya memutuskan untuk mencari keadilan atas tudingan yang sangat tidak benar," ujar Andrea.

Menurut Andrea, Damar Juniarto telah menuding bahwa Laskar Pelangi edisi Amerika sesungguhnya diterbitkan oleh Sarah Crichton Books, bukan oleh FSG, New York. Sedangkan selama ini ia selalu mengaku Laskar Pelangi edisi Amerika diterbitkan oleh FSG dan tidak pernah menyebut Sarah Crichton Books.

Dikesankan oleh Damar bahwa FSG hanya menerbitkan buku sastra kelas tinggi sehingga Laskar Pelangi tak pantas. Laskar Pelangi hanya pantas diterbitkan Sarah Crichton Books yang menurut Damar hanyalah sebuah penerbit buku-buku komersial dan bukan penulis yang dikenal.

"Tudingan ini bukan hanya membuat saya terzalimi karena pembaca akan menuduh saya telah melakukan kebohongan publik, namun Damar Juniarto telah pula melecehkan Sarah Crichton Books dan begitu banyak penulis bermutu yang telah diterbitkan Sarah Crichton Books. Dengan pengetahuan yang kurang memadai tentang sistem penerbitan buku internasional bahkan tanpa memahami makna imprint Damar Juniarto telah menuding dengan sangat keliru," jelas Andrea.

"Kenyataannya adalah saya tidak punya kontrak penerbitan dengan Sarah Crichton Books. Kontrak penerbitan saya (author contract) hanya dengan FSG," ujar Andrea yang menyertakan surat perjanjian dengan FSG.

Menurut Andrea, FSG adalah penerbit Laskar Pelangi edisi Amerika. Sedangkan Sarah Crichton adalah sebagai editornya. Karena kontribusi editing itu Sarah Crichton Books mendapat Honor Imprint untuk dicantumkan sebagai penerbit dengan nama berdampingan dengan nama FSG di beberapa publikasi Laskar Pelangi edisi Amerika.

Novel Laskar Pelangi menjadi fenomena karya sastra di Indonesia. Buku karya pertama Andrea Hirata ini diterbitkan pertama kali pada 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Isi tulisan Blogger Darma Juniarto Sarah Crichton Books Farrar, Straus and Giroux Kontroversi kebenaran penerbit novel Laskar Pelangi di Amerika




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/02/dituduh-melakukan-kebohongan-publik.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

DITUDUH MELAKUKAN KEBOHONGAN PUBLIK, ANDREA HIRATA PERKARAKAN BLOGGER

Posted by Best SEO Easy, Published at 3:06 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment