Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

FOTO DAMPAK DAHSYAT LETUSAN GUNUNG KELUD DARI KEDIRI HINGGA BANDUNG & AMPENAN, NTB

Foto letusan Gunung KeludFOTO DAMPAK DAHSYAT LETUSAN GUNUNG KELUD DARI KEDIRI HINGGA BANDUNG & AMPENAN, NTB. Gunung Kelud yang berada di wilayah Kediri, Jawa Timur meletus sekitar pukul 22.50 WIB, Kamis (13/2/2014). Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar, dinyatakan lebih besar daripada letusan yang pernah terjadi pada 1990. Ribuan warga pun berbondong-bondong mengungsi. Lihat juga Foto Status Gunung Kelud Terkini

Gunung Kelud meletus setinggi 17 kilometer dan melontarkan jutaan meter kubik abu vulkanik dan pasir.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ratusan ribu jiwa juga sudah mengungsi melewati radiun 10 km dari aktivitas Gunung Kelud tersebut.

"Jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Kelud pada Jumat pukul 06.00 WIB berjumlah 100.248 orang di 172 titik," ujar Sutopo melalui keterangan tertulis.

Pengungsi berasal dari berbagai wilayah, antara lain Kabupaten Kediri 66.319 orang di 205 titik. Kabupaten Blitar 28.970 orang di 63 titik. Kabupaten Tulungagung 1.349 orang di 11 titik dan Kabupaten Malang 3.610 orang di 14 titik.

Akibat letusan Gunung , 2 orang di wilayah Ngantang, Malang, dilaporkan tewas. Sementara 18 orang lainnya dilaporkan masih hilang. Hingga saat ini tim evakuasi masih mencari warga di sekitar Gunung Kelud yang dilaporkan hilang.

Dampak Gunung Kelud meluas

Dampak meletusnya Gunung Kelud tak hanya dirasakan di beberapa wilayah Jawa Timur. Abu dan material vulkanik mencapai luar wilayah Jawa Timur. Di sejumlah daerah terkena dampak dengan terjadinya hujan kerikil erupsi Gunung Kelud yang menyebar sampai jarak puluhan kilometer

Hujan abu terjadi di sejumlah daerah, baik Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Menurut Sutopo, analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), abu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah timur laut, pada lapisan 5.000 meter ke arah barat laut dan pada 9.000 meter ke arah barat.

Wilayah barat, kata Sutopo, lebih banyak terjadi hujan abu dan pasir. Wilayah-wilayah yang dilanda hujan abu antara lain Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Bantul, Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo, Purworejo, Kebumen, Solo, Boyolali, Salatiga, Temanggung.

Sedangkan di bagian timur hujan abu hingga Malang, Surabaya, Banyuwangi dan Ampenan NTB.

Akibat erupsi tersebut jadwal penerbangan di beberapa bandara ikut terganggu.










Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/02/foto-dampak-dahsyat-gunung-kelud.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

FOTO DAMPAK DAHSYAT LETUSAN GUNUNG KELUD DARI KEDIRI HINGGA BANDUNG & AMPENAN, NTB

Posted by Best SEO Easy, Published at 6:09 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment