Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

[VIDEO] PREDIKSI GUNUNG KELUD MELETUS 2014 Ramalan Letusan Gunung Berapi Terbaru Indonesia

[VIDEO] PREDIKSI GUNUNG KELUD MELETUS 2014 Ramalan Letusan Gunung Berapi Terbaru Indonesia. Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Blitar dan Kediri, Jawa Timur, naik status dari normal menjadi waspada sejak 2 Februari. Tingginya aktivitas vulkanik di lokasi dalam kurun sebulan terakhir jadi pertimbangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk menaikkan status. Lihat juga Foto Awan Panas Gunung Sinabung Meletus 2014.

Foto Gunung Kelud Meletus 2014 Prediksi Bencana Alam Indonesia Terbaru

"Potensi bahaya yang terjadi ke depan bila terjadi letusan adalah keberadaan kubah lava yang sekira empat juta meter kubik itu akan dibongkar menjadi (mengeluarkan) awan panas," kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana, Gempa Bumi, dan Gerakan Tanah PVMBG, Gede Suantika, di Bandung, Jawa Barat.

Potensi jarak tempuh awan panas kemungkinan mencapai jarak hingga lima kilometer jika berkaca pada letusan Gunung Kelud pada 1990. "Letusan tahun 1990 itu sampai lima kilometer ke arah barat," ungkapnya.

Selain itu, ada juga ancaman material pijar yang keluar dari Gunung Kelud. Bila tipe letusannya vertikal, material pijar mungkin akan sampai pada radius lima kilometer. Tapi jika letusannya sektoral ke satu arah, kemungkinan material pijar akan terbawa pada jarak yang lebih jauh.

Gede lalu memaparkan sejarah letusan Gunung Kelud yang meletus tahun 1990. Tipe erupsinya saat itu bersifat eksplosif atau besar dan menghancurkan kubah lava yang ada. "Saat itu banyak yang kena awan panas, ada pemukiman dan sungai juga yang terdampak. Letusannya saat itu cuma sekali, selesai," ujarnya.

Setelah kubah lava hancur, rembesan air membuat daerah sekitarnya menjadi danau sebagai akibat dari rembesan air di dinding kawah dari 1990 sampai 2007.

Pada 2007, kembali terjadi letusan. Tapi tipe letusannya bersifat efusif alias rendah. Akibatnya, terbentuk kubah lava baru yang membuat luas danau menyempit.

Sejak 2007 sampai sekarang, Gunung Kelud belum kembali meletus. Tapi peningkatan aktivitas vulkanik terjadi di sana pada Januari hingga awal Februari. PVMBG pun meningkatkan status dari normal menjadi waspada dan merekomendasikan area steril di radius dua kilometer.

Tapi dia belum bisa memastikan kapan Gunung Kelud akan segera naik atau turun status, termasuk kemungkinan meletus. "Kami belum bisa mengatakan itu karena ini baru beberapa hari," ucapnya.

Dalam kurun sepekan sejak ditetapkan berstatus waspada, Gunung Kelud akan dievaluasi berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian di lapangan. "Nanti kita evaluasi," jelas Gede.

Sementara di sana, pemukiman warga relatif jauh. "Di sana tidak ada (pemukiman) warga. Tapi ada tempat wisata," cetusnya.

Jarak terdekat pemukiman warga ada 7,3 ke arah barat (Kediri), 7,8 kilometer ke arah timur (Mojokerto, Kediri), 8,5 kilometer ke arah utara (Jombang), dan 6,2 kilometer ke arah selatan (Blitar).

Demikian info Prediksi Gunung Kelud Meletus Tahun 2014 Ramalan Terbaru Bencana Alam Indonesia. Berikut ini video letusan gunung berapi paling dahsyat di dunia sepanjang masa:




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/02/video-prediksi-gunung-kelud-meletus.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

[VIDEO] PREDIKSI GUNUNG KELUD MELETUS 2014 Ramalan Letusan Gunung Berapi Terbaru Indonesia

Posted by Best SEO Easy, Published at 6:42 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment