Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

INFO TERBARU : TEKNOLOGI LAMPU MOBIL LED,OLED,LASER & AMOLED

Teknologi lampu canggih 2013INFO LENGKAP SEPUTAR TEKNOLOGI LAMPU MOBIL TERBARU 2013 LED, OLED, LASER & AMOLED. Peralihan teknologi akan berlangsung cepat karena makin banyak digunaan dan diproduksi semakin masif. Pilihan terbaru untuk teknologi penerangan dan lampu pada mobil segera berubah. Pencahayaan dan indikator yang terbaru adalah light emitting diode (LED), organic light emitting diode (OLED), active matrix organic light emitting diode (AMOLED) dan tak kalah menarik adalah Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau lebih dikenal dengan laser. Semuanya berpacu dengan kelebihannya. Lihat juga INI DIA KRONOLOGI PENAHANAN WANDA HAMIDAH Alasan Wanda Hamidah ke Rumah Raffi Ahmad.

Contohnya, LED dan OLED digunakan untuk televisi dan layar informasi. Sedangkan AMOLED sebelumnya pada smartphone dan tablet, kini juga merambah ke televisi. Terakhir, pada awal bulan ini Samsung sudah memperlihatkan layar AMOLED yang bisa dilipat di CES, Las Vegas.

Faktor yang mempercepat produk tersebut diadopsi, regulasi konsumsi bahan bakar dan emisi karbondioksida yang kian ketat serta tuntutan tingkat keselamatan semakin tinggi.

LED
LED bukan lagi teknologi baru pada mobil. Saat ini tidak hanya digunakan sebagai Day Running Light (DRL) atau lampu siang hari, sein (indikator belok), rem, juga untuk lampu utama depan. Kendati demikian baru terbatas pada mobil kelas menengah dan premium. Maklum, teknologi “driver’ masih mahal.

Dibanding xenon, LED membutuhkan energi yang lebih rendah untuk kualitas pencahayaan yang sama. Sementara xenon, meski juga lebih unggul dari halogen, untuk start butuh waktu agak lama dan arus yang lebih besar. Di samping itu, tidak bisa hidup langsung. Inilah pula, menyebabkan xenon digunakan sebagai lampu utama yang berfungsi sebagai lampu dekat dan jauh (H4).

Kalaupun ada, harus dilengkapi dengan mekanisme yang bisa mengubah arah sorotan yang disebut autoleveling. Akibatnya, harga semakin mahal.

LED juga membuat penampilan mobil semakin keren, atraktif bahkan cantik. Kini modul LED mulai diintegrasikan dengan komputer mobil. Hasilnya, penyebaran dan arah sorotan cahaya bisa berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi saat mobil berada. Begitu juga intensitasnya. Misalnya, untuk lampu jauh dan dekat (dimm dan high), tidak tidak memerlukan mekanisme seperti xenon. Tetapi bisa diatur secara otomatis berdasarkan cahaya lampu mobil dari depan atau kontour jalan!

Pengaruh LED juga bersar terhadap desain mobil. Lihatlah, mobil terbaru, lampu depannya semakin sipit, lampu utama disatukan dengan sein dan DRL. Selain makin gaya, tentu saja untuk memperoleh aerodinamika yang semakin baik (performa dan konsumsi bahan bakar yang irit).

LED Pintar
Ide yang semakin menarik, lampu depan utama LED diintegrasikan dengan kamera video, bahkan komputer sistem navigasi. Hasilnya, karena sistem navigasi bisa membaca arah atau sudah punya data rute, LED yang digunakan untuk lampu depan utama dan sein, bisa diaktifkan tanpa harus diperintahkan oleh pengemudi. .
Kreativitas para ahli untuk membuat kinerja LED efisien dengan penyebaran cahaya atau penerangan merata, juga semakin tinggi. LED dipasang dalam tabung optik yang dibuat dari polimer transparan.

Kelebihan lain, LED dapat menghasilkan bentuk cahaya yang berbeda. Bahkan pada beberapa kasus menghasilkan efek 3D. Keunggulannya, intensitas cahaya makimum dihasilkan pada hampir bersamaan. Hasilnya, jika digunakan untuk lampu belakang, saat mobil direm mendadak, pengemudi di belakang bisa melihat atau mengetahuinya dengan cepat dan mudah dilihat.

LED kini juga mulai banyak untuk indikator pada panel instrumen. Hasilnya, meter kombinasi menjadi semakin dinamis dan menarik. Untuk lampu sein, LED juga bisa dibuat seperti gerakan panah untuk menunjukkan arah belok mobil. Caranya, seperti yang dilakukan Audi menyusun 30 LED sejajar berjejer, mati-hidup bergantian dengan interval 150 milidetik. Hasilnya, lampu - juga penampilan mobil - makin intuitif, pemakai jalan lain juga mudah memahaminya.

Lampu Utama
Sebagai lampu depan utama, suhu warna LED yang banyak digunakan adalah 5.500 kelvin. Cahaya yang dihasilkan putih, hampir sama dengan siang hari. Dengan cahaya seperti ini kelahan mata bisa dikurangi. LED tidak memerlukan pemeliharaan khusus dan dirancang seumur kendara. Konsumsi energinya rendah.

Lampu dekat misalnya, hanya membutuhkan energi 40 watt per unit(dua lampu kanan dan kiri), atau lima persen dari xenon yang dinilai efisien sebagai lampu depan. Di samping itu, juga tidak menghasilkan suhu tingi. LED merah menghasilkan panas 120 dan putih 400 derajat Celsius. Sementara lampu utama halogen 400 derajat Celsius.

LED Matrix
Pengembangan lebih lanjut adalah LED Matrix sebagai lampu depan utama. Prinsip matrix terdiri dari sekelompok LED dalam jumlah banyak disusun membentuk segmen. Setiap diode kecil diberi lensa atau reflektor. Hasilnya, sorotan cahaya yang dihasilkan rata dan fokus.

Kendati demikian, tantangan yang masihi dihadapi adalah proses pembuatan, merakit komponen, metode menyalurkan energi, membutuhkan tikat ketilitian sangat tinggi.


LASER
Laser belum digunakan saat ini secara komersial. Salah satu merek yang sudah pernah mengembangkannya adalah BMW. Terakhir, Audi mencoba untuk lampu belakang, khususnya rem.

Sinar dihasilkan oleh diode laser.Cukup menarik, ternyata cahaya yang dihasilkan sangat mudah dilihat dari belakang (oleh pengemudi belakang). Bentuknya juga bisa bermacam-macam, misalnya seperti kipas atau sinar disorot agak ke bawah dan membentuk garis di permukaan jalan. Dengan cara ini, pengemudi di belakang bisa menjaga jarak dengan mudah.

Penelitian yang dilakukan Audi, sinar laser mampu menembus kabut dan tetesan air. Tak kalah menarik, bisa menghasilkan berbagai macam bentuk, misalnya segi tiga darurat dan lain-lainnya. Ukurannya juga bisa diperbesar.


OLED
Kendati penggunaan LED sebagai lampu depan utama baru taraf awal, produk teknologi baru yang siap juga menggeser perannya adalah OLED. Bahan ini juga sudah digunakan pada televisi canggih terkini, smartphone dan tablet.

Menurut Audi, sekarang para ahlinya sedang melakukan pengembangan OLED untuk lampu depan utama. Dijelaskan, LED terdiri dari kristal semikonduktor sedangkan OLED dibuat dari material organik.
Keunggulannya, bisa dilabur tipis dan merata sebagai lapisan dengan ketebalan perseribu milimeter di atas permukaan kaca. Ketika OLED diberi aliran listrik, molekulnya akan melepaskan foton dengan permukaan menghasilkan cahaya.

Kehebatannya, distribusi cahaya yang dihasilkan sangat rata plus kebutuhan energi yang rendah. OLED sangat indeal untuk penerangan interior dan lampu belakang. Beberapa produsen pada pameran mobil terakhir, sudah memperlihatkan OLED untuk interior dan lampu belakang. Hal yang sama juga dilakukan pada bodi.

Toyota pernah menampilkan mobil konsep dengan eksterior dari AMOLED sehingga tampil seperti layar ponsel pintar atau tablet, yang dinamakan Diji.

Animasi
Audi juga mengembangkan OLED buat lampu belakang yang menghasilkan corak menarik, berupa gerombolan yang bergerak ikan. Hal itu diperoleh dengan menyambung permukaan lampu secara terus-menerus. Para insinyur Audi telah mengubah bagian belakang kendaraan menjadi besar, permukaan lampu yang sambung menyambung, titik kecil yang tidak terhitung jumlahnya, menghasilkan cahaya seperti kumpulan ikan yang bergerak.

Gerakan titik merah mengikuti gerakan kendaraan. Ketika membelok ke kanan, lampu mengikuti ke kanan, ketika mobil direm, menyala dengan cepat ke depan; makin cepat laju mobil , makin cepat gerakannya. Kendaraan yang mengikut selalu dapat melihat apa yang dilakukan mobil di depan.

Salah satu produsen lampu asal Perancis, Astron-Fiamm mengatakan OLED sangat berpeluang digunakan sebagai pencahayaan ekstrior, setiap panelnya menghasilkan animasi.

Kiata Kia juga sudah memamerkan penggunakan OLED tranparan pada meter kombinasi (panel meter), pada GT Concept pada September 2011 di Pameran Mobil Frankfurt.


AMOLED
Tak kalah canggih adalah AMOLED, saat ini dibanggakan oleh produsen ponsel pintar dan tablet dari merek tertentu. Audi baru menggunakan AMOLED pada R18 e-tron quattro sebagai pengganti spion dalam. Sistem bekerja dengan kamera belakang dan dipasang pada Audi Sport untuk Le Mans 24 jam.

Layar AMOLED resolusi tinggi dipasang di kokpit R18 e-tron quattro, yang tidak mempunya kaca belakang. Dilengkapi dengan layar dengan diagonal 6,8 inci, dengan resolusi 600.000 piksel dengan kontras yang dapat diatur.

Kamera kecil, enteng di belakang R18 e-tron quatrro berada di bawah pinggir atap; ditutupi dengan lensa yang dipanaskan untuk mencegah kabut atau pembukaan udara di sekitarnya. Dengan rentang dinamis sekitar 130 dB, sama dengan mata manusia.

AMOLED menghasilkan kontras lebih tinggi, 10 kali dan hanya membutuhkan tiga persen energi dibandingkan LCD. Di samping itu, waktu untuk berubah berlangsung beberapa milidetik tanpa dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya. Termasuk sebagai monitor dengan ketebalan 7 milimeter. Lampu mobil canggih 2013 Light Emitting Diode (LED) Organic Light Emitting Diode (OLED) Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/01/info-terbaru-teknologi-lampu-mobil.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

INFO TERBARU : TEKNOLOGI LAMPU MOBIL LED,OLED,LASER & AMOLED

Posted by Best SEO Easy, Published at 8:11 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment