Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

9 LANGKAH MUDAH TERHINDAR DARI LEDAKAN KOMPOR GAS

Pastikan tidak adanya kebocoran gas sebelum menyalakan kompor9 LANGKAH MUDAH TERHINDAR DARI LEDAKAN KOMPOR GAS. Menyiapkan santapan sahur dan berbuka saat bulan Ramadhan memang menjadi wujud kasih sayang kepada keluarga. Kegiatan menyajikan menu sehat untuk keluarga di bulan suci nanti memberikan tantangan tersendiri. Terutama saat harus bangun dini hari, mengatasi rasa kantuk untuk menyiapkan menu sahur. Baca juga 7 INFO PENTING SEBELUM MEMBELI BAHAN MAKANAN KEMASAN

Aktivitas menantang memang. Tak hanya fokus menyiapkan bahan baku makanan terbaik, memastikan tingkat kebersihan alat masak dan keamanan kompor juga menjadi elemen penting yang tak bisa diabaikan. Terutama kompor gas.

Jangan sampai niat menyajikan masakan untuk orang terkasih justru berbuah petaka. Simak sejumlah tips menghindari risiko ledakan kompor gas.

1. Regulator SNI

Gunakan regulator standar SNI yang diperkuat dengan tiga stopper. Ini demi mencegah kebocoran berlebih yang dapat menimbulkan bahaya ledakan. Stopper adalah sebuah alat yang bisa membuat aliran gas terhenti.

2. Klep Regulator

Jika tidak menggunakan kompor dalam waktu lama, sementara gas masih ada, sebaiknya gunakan klep regulator. Sebuah alat yang digunakan untuk mengunci tabung gas ke regulator.

3. Bersihkan Kompor

Selalu bersihkan kompor, selang, dan regulator sambil memeriksa kondisi selang. Bila terdapat retakan, karat, atau berupa endapan karena sudah melampaui ambang batas tertentu, jangan tunda untuk menggantinya.

4. Ganti regulator

Ganti regulator dan selang secara periodik, terlebih bila pemakaian sudah dua tahun

5. Masa Kadaluarsa

Ketika membeli gas, sebaiknya tanyakan tanggal pemakaiannya. Jangan beli gas yang sudah melewati masa kedaluarsa.

6. Perhatikan Kondisi Fisik Tabung Gas

Perhatikan kondisi fisik dari tabung gas yang akan dibeli. Apabila ada karat atau kerusakan lain yang mencurigakan, terlebih sudah 30 persen pada dinding tabung, sebaiknya minta ganti yang lebih baik.

7. Logo Resmi dan Segel Pengaman

Adakah logo SNI, Pertamina, dan Depnaker? Apakah masa layak pakainya masih panjang? Bila tidak ada keterangan tersebut, tanyakan kepada penjualnya. Tabung gas harus memiliki segel yang menutupi valve tabung dengan sempurna, tanpa ada sedikit udara yang masuk.

8. Penempatan Tabung GAs yang Tepat

Kompor gas sebaiknya diletakkan di dapur yang memiliki jendela atau ventilasi udara yang baik. Saat terjadi kebocoran, gas dapat segera keluar dan tidak terperangkap di dapur, karena sangat berbahaya bila terkena api. Kompor gas juga sebaiknya diletakkan jauh dari aliran listrik, di mana percikan api pada sakelar maupun motor listrik dengan mudah menyambar saat terjadi kebocoran.

9. Periksa Kebocoran

Ketika pulang bepergian, jangan menyalakan lampu atau alat listrik. Buka pintu atau jendela agar udara di dalam ruangan dapat mengalir keluar. Banyak kasus meledaknya tabung gas elpiji akibat kebocoran dalam waktu lama sehingga gas tidak dapat keluar.

Selamat menyiapkan hidangan di Bulan Ramadhan dengan aman ibu-ibu!

9 LANGKAH MUDAH TERHINDAR DARI LEDAKAN KOMPOR GAS, Tips Aman Memasak untuk Buka & Sahur di Bulan Ramadhan, Tips Merawat Kompor & Tabung Gas




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/07/9-langkah-mudah-terhindar-dari-ledakan.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

9 LANGKAH MUDAH TERHINDAR DARI LEDAKAN KOMPOR GAS

Posted by Best SEO Easy, Published at 7:53 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment