Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

DIJULUKI PAKAR INFORMATIKA, MENPORA ROY SURYO PUN KENA TIPU PENJUAL ONLINE PALSU

Menpora Roy Suryo tertipu ulah ABG yang menjual sepeda fixie di onlineDIJULUKI PAKAR INFORMATIKA, MENPORA ROY SURYO PUN KENA TIPU PENJUAL ONLINE PALSU . Kejahatan online ternyata tak hanya menimpa masyarakat awam. Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo yang notabene pakar informatika turut menjadi korban penipuan melalui situs jual beli online. Itu terjadi ketika Roy melakukan transaksi pembelian sebuah sepeda Fixie melalui iklan yang terpasang pada situs OLX.or.id. Lihat juga Foto Mesra Axel Thomas-Alexxandra Gottardo

Mulanya, transaksi tersebut terjadi antara Roy dengan seorang pelaku berinisial G (16), pada 20 Agustus 2014 lalu. Transaksi dilakukan melalui percakapan SMS yang dilanjutkan melalui BlackBerry Messenger (BBM) antara Roy dan pelaku.

Pelaku menawari beberapa model sepeda kepada Roy. "Tersangka kemudian kirim foto-foto sepeda," kata Roy.

Setelah menerima beberapa foto, Roy berminat untuk membeli sebuah fixie berwarna pink hitam yang ditawari pelaku. Pelaku menyanggupi, dan meminta Roy mengirim alamat lengkap dan nomor ponsel.

Sepeda yang dipesan Roy, akan dikirim pelaku dari Subang, Jawa Barat. Harga sepeda yang dijual pelaku Rp 890.000 belum termasuk ongkos kirim. Pelaku menawari pilihan apakah pengiriman dilakukan melalui jasa kereta api atau cargo.

Roy memilih jasa cargo karena sepeda dijanjikan diantar ke alamat Roy, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Ok, Jadinya saya pakai cargo saja ya, kebetulan besok agak repot kalau harus ambil di stasiun," kata Roy, kepada pelaku. Lalu, disepakati harga pembelian dan ongkos kirim sebesar Rp 1.000.000.

Pelaku meminta Roy untuk mentransfer uang tersebut melalui rekening Bank BCA atas nama Muhlisin. "Saya kemudian transfer Rp 1 juta melalui M-BCA. Saya juga kirim screenshot M-BCA nya," ujar pengamat telematika itu.

Setelah uang ditransfer, pelaku mengabari Roy bahwa sepeda yang diinginkan ternyata sudah habis. Pelaku beralasan, sepeda itu diborong pembeli dan meminta waktu dua hari untuk mendatangkan lagi.

Namun, setelah dua hari, alasan kembali diberikan pelaku. Pelaku menawari sepeda dengan warna lain. Roy akhirnya menyetujui asalkan tidak berganti tipe.

"Makanya kemarin kalau memang stoknya tidak ada seharusnya tidak kirim gambar dulu. Saya kan baru diberitahu sesudah transfer," kata Roy kepada pelaku.

Roy lantas meminta pelaku mentransfer balik uang yang telah dikirimkannya. Ia merasa pembelian ini sudah tidak sesuai perjanjian semula. "Dari sini tersangka semakin jelas modus penipuannya," ujar Roy.

Pelaku menolak mengembalikan uang dengan alasan jika sudah transfer pembelian harus jadi. Apabila batal, maka uang akan hangus. Roy mengaku sudah mengingatkan pelaku, untuk mengurungkan niatnya. Karena, pelaku tak beritikad baik dan tidak sesuai perjanjian.

Tetapi, pelaku tidak berhenti, dan meminta uang tambahan Rp 500.000 untuk menyediakan model sepeda tersebut. Roy kemudian memberikan pilihan agar pelaku mengirim sepeda seperti yang diorder atau mentransfer balik uang.

Karena tak dikirimkan, akhirnya Roy melaporkan pelaku ke kepolisian. Roy mengklaim, pelaku tertangkap berkat metode CDRI yang ia terapkan dan informasikan ke polisi. "Akhirnya bisa terlacak, juga rekening bank-nya sudah diblokir sebelumnya.

Jadi seandainya dia tidak 'ketemu saya', mungkin masih beraksi hingga hari ini dan korbannya tambah," ujar Roy.

Pelaku penipuan terhadap Roy Suryo akhirnya berhasil ditangkap polisi. Pelaku ternyata pelajar putus sekolah SMK berusia 16 tahun di Indramayu, Jawa Barat.

Penangkapan Ab alias Glembo dilakukan di kediamannya Desa Sumuradem Timur, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Senin, 1 September 2014 lalu.

Kasat Reserse Kriminal Polres Indramayu AKP Wisnu Perdana Putra menjelaskan, penangkapan tersebut berdasarkan pelaporan Roy Suryo pekan lalu kepada aparat Kepolisian.

Tersangka akan dijerat dengan Pasal 45 ayat 2 dan Pasal 51 ayat 2 UU ITE.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/09/dijuluki-pakar-informatika-menpora-roy.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

DIJULUKI PAKAR INFORMATIKA, MENPORA ROY SURYO PUN KENA TIPU PENJUAL ONLINE PALSU

Posted by Best SEO Easy, Published at 3:40 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment