Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

TIPS JAGA POLA MAKAN SEHAT SAAT BERLIBUR/BERPESTA AKHIR TAHUN

Menjaga pola makan sehat walau sering makan enakTIPS JAGA POLA MAKAN SEHAT SAAT BERLIBUR/BERPESTA AKHIR TAHUN. Desember menjadi bulan penuh godaan bagi pelaku diet. Masa liburan yang banyak acara berkumpul bersama keluarga dan teman menjadi sesuatu yang penuh godaan untuk mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Lihat juga Polemik Halal & Haram Yoga Menurut majelis Ulama Indonesia

Namun Anda jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa langkah agar Anda tidak menjadi kalap makan saat liburan ini :

1. Siapkan makanan sehat di rumah
Jika Anda tidak keluar rumah untuk santap malam, pastikan kulkas penuh dengan sayuran, buah segar, protein tanpa lemak dan camilan sehat. Namun bila Anda akan berpesta di rumah orang lain, bawalah hidangan bergizi untuk potluck.

2. Makan hidangan berprotein

Konsumsi makanan berprotein dapat dilakukan terlebih dahulu saat pesta. Ini akan membantu Anda makan lebih sedikit saus, dessert atau makanan tinggi lemak lainnya. Kacang-kacangan, ham, sayuran, ayam, ikan termasuk makanan yang dapat jadi pilihan. Protein membantu kontrol gula darah jika Anda kebetulan mengonsumsi karbohidrat mengandung gula. Protein juga membuat perut kenyang dengan kandungan kalori lebih sedikit.

3. Hindari minuman manis

Minuman manis dengan kandungan gula tentunya tinggi kalori. Sebaiknya pilihlah air mineral dan teh tanpa gula. Jauhi soda, jus buah dengan gula dan kopi yang bisa membuat Anda ingin mengonsumsinya terus menerus.

4. Dessert dalam porsi kecil

Berbagai kue kering, cake atau dessert manis lainnya tentunya mudah ditemui saat acara berkumpul dengan teman atau saudara. Anda dapat tetap mengonsumsinya namun dalam porsi kecil. Pastikan konsumsi makanan berat sebelumnya agar tidak lapar dan memakan banyak dessert. Bila Anda tidak mau makan dessert, pilihlah buah segar untuk memuaskan keinginan makan makanan manis.

4. Camilan sehat

Makanlah camilan sehat sebelum pergi ke pesta. Sehingga Anda tidak makan berlebihan karena perut kosong. Konsumsilah makanan ringan seperti sup, apel atau edamame dengan perasan lemon. Ini bisa mengurangi rasa lapar tanpa merusak selera makan Anda di pesta.

5. Konsumsi makanan seimbang dalam satu piring

Meski sedang berpesta, Anda bisa tetap jalani pola makan seimbang dalam satu piring. Setengah dari piring dapat diisi dengan sayuran. Agar lebih sehat, pilihlah sayuran berwarna misalnya brokoli atau paprika merah. Isi seperempat bagian piring lainnya dangan sajian berprotein, contohnya ayam panggang. Sisa ruang seperempat lagi diisi dengan karbohidrat seperti nasi atau kentang.

6. Cermat memilih makanan

Jika Anda menyantap hidangan ayam, sebaiknya singkirkan bagian kulit yang memberi tambahan lemak dan kalori. Saus pun lebih baik tidak memilih yang mengandung banyak krim, mentega atau keju. Untuk sayuran, pilihlah olahan sayur segar, rebus atau kukus yang minim minyak.

7. Jangan ngobrol dekat makanan

Tentunya saat liburan, Natal atau pun Lebaran Anda banyak bertemu keluarga. Sebaiknya jauhi meja berisi makanan saat sedang bersosialisasi. Begitu juga sesudah makan, lebih baik hindari meja prasmanan.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/12/tips-jaga-pola-makan-sehat-saat.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

TIPS JAGA POLA MAKAN SEHAT SAAT BERLIBUR/BERPESTA AKHIR TAHUN

Posted by Best SEO Easy, Published at 6:21 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment