Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

ANAK PUN BISA DEPRESI ! INI PERILAKU MENUNJUKKAN ANAK SEDANG DEPRESI

Tanda-tanda anak depresiANAK PUN BISA DEPRESI ! INI PERILAKU MENUNJUKKAN ANAK SEDANG DEPRESI. Anak kita yang semula ceria dan bersemangat tiba-tiba menunjukkan perubahan drastis prilakunya. Sebagai orangtua, perubahan prilaku anak harus dicermati. Lihat juga Tips Deteksi Dini Penyakit Kanker

Ada beberapa perilaku anak yang perlu orangtua cermati demi mencegah depresi berkepanjangan.

1. Perubahan perilaku mendadak
Perilaku anak yang biasanya periang, sering tertawa, berbicara cukup banyak, terbuka, tiba-tiba berubah menjadi pemurung, terlihat sangat sedih, dan sebagainya.

Aktivitas anak pun berubah, yang biasanya bermain bersama teman-temannya setiap sore, kini lebih mengurung diri di kamar dan terlihat malas melakukan sesuatu.

Kembangkan komunikasi dan carilah informasi kenapa anak tiba-tiba berubah. Mungkin disebabkan oleh kematian hewan kesayangannya, berpisah dengan orang yang dicintainya, mengalami kesulitan dalam pelajaran di sekolah, dan sebagainya.

2. Rendah diri
Anak kehilangan kepercayaan dirinya. Ia yang semula sangat percaya diri di depan teman-temannya berubah menjadi rendah diri. Ia tak lagi mau bergabung bersama teman-temannya karena malu dan menganggap dirinya tak pantas bergaul. Penyebabnya, bisa karena perceraian orangtuanya, kemudian ia diejek, malu, dan akhirnya menutup diri, tak mau berteman.

Gangguan tidur karena depresi biasanya disertai gejala lain, seperti: gelisah, sedih, sering termenung, dan gejala-gejala lain yang muncul sebelum anak beranjak ke atas tempat tidur.

3. Mudah emosi
Karena emosinya tak stabil, anak menjadi sangat sensitif. Jika ada satu hal yang tak disukainya bisa memicu emosinya dan ia sulit mengendalikannya. Biasanya, emosinya akan muncul meledak-ledak, terlihat seperti memberontak, membangkang, melawan, bahkan tak mustahil akan keluar kata-kata kasar.

4. Berperilaku negatif
Sangat dikhawatirkan, depresi akan memicu anak berperilaku negatif. Di usia balita mungkin perilaku negatifnya masih terbilang ringan, semisal membanting mainan. Namun di usia yang lebih besar, kualitas negatifnya akan bertambah semakin besar, seperti: memukul teman, melukai diri sendiri, berkelahi, membangkang terhadap orangtua dan guru, dan lainnya. Jika depresi terlalu berat, membuat anak anak putus asa, bisa saja timbul keinginan menghabisi nyawanya sendiri.

5. Sulit tidur
Gangguan ini kerap dialami oleh anak yang sedang mengalami maaslah psikologis atau kesehatan, termasuk anak yang sedang mengalami depresi. Akan tetapi, kita perlu cermati lebih dalam, mungkin sulit tidur karena masalah kesehatan, tidak sabar untuk melakukan kegiatan mengasyikkan keesokan harinya, takut tidur sendirian, dan sebagainya.

6. Sering sakit mendadak
Anak-anak yang terserang depresi biasanya mudah sekali merasa sakit kepala atau sakit perut. Anda sebagai orang tua harus tahu benar apakah anak sedang berpura-pura ketika mengeluh sakit. Ini adalah gejala fisik yang nyata yang disebabkan dari tekanan psikologis.

7. Terlalu manja
Sikap manja anak kepada orang tua adalah hal wajar. Tapi, jika sudah berlebihan, bisa jadi anak Anda sedang depresi. Lebih lanjut, beberapa anak yang sedang depresi juga ingin lebih dekat dengan orang tuanya. Namun, dalam jangka panjang sikap itu akan memunculkan ketakutan yang berlebihan jika orang tuanya akan meninggal.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/11/anak-pun-bisa-depresi-ini-perilaku.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

ANAK PUN BISA DEPRESI ! INI PERILAKU MENUNJUKKAN ANAK SEDANG DEPRESI

Posted by Best SEO Easy, Published at 9:50 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment