Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2014

KRONOLOGI KERUSUHAN DI SAMPANG, MADURA, AKIBAT PERBEDAAN ALIRAN KEAGAMAAN, MINGGU 26/8/2012

Rumah warga yang dibakar saat kerusuhan di Sampang MAduraKRONOLOGI KERUSUHAN DI SAMPANG, MADURA MINGGU 26/8/2012. Bentrok antarwarga di dua Dusun di Sampang, Madura, yaitu Desa Karang Gayam dan Desa Bluuran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Minggu (26/8/2012) kembali terjadi. Kedua warga yang diduga berbeda aliran keagamaan terlibat bentrok dengan senjata tajam. Belasan rumah dibakar. Baca juga DENNY PRASETYA DATANGI KPK KASUS KORUPSI AL QURAN

Tercatat enam orang korban dalam kasus penyerangan kelompok Islam Syiah di Sampang Madura oleh kelompok massa tak dikenal

"Dari enam orang itu, satu orang di antaranya tewas," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Sampang, Kompol Alfian Nurizal.

Lima korban lainnya menderita luka-luka. Masing-masing sebanyak empat orang dari kelompok Islam Syiah dan satu orang dari kelompok penyerang. Satu di antara empat orang korban penyerangan itu kritis.

Wartawan dari beberapa media dilarang masuk ke lokasi kejadian. Sebab dikabarkan beberapa lokasi sudah dipasang ranjau dari mercon berkekuatan dahsyat yang dipasang oleh warga.

Untuk mencegah kerusuhan yang dipicu perbedaan paham agama ini semakin meluas, satu kompi Brimob dan 120 anggota Dalmas Polres Sampang - Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polres Pamekasan dan Bangkalan diturunkan.


Kronologi

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB versi polisi dan pukul 11.00 WIB itu bermula, saat keluarga pimpinan Islam Syiah, ustadz Tajul Muluk hendak mengunjungi keluarganya di penjara dengan mengendarai mobil.

Saat dalam perjalanan, mobil yang dikendarai keluarga ustadz Tajul Muluk ini dicegat sekelompok warga yang mengemudikan sepeda motor. Mereka mengolok-olok keluarga ustadz Tajul, karena dianggap menganut ajaran sesat.

Ustadz Tajul merupakan terpidana kasus dugaan penistaan agama yang kini tengah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Sampang.

Akibat diganggu kelompok massa bersepeda motor ini, keluarga Tajul mengurungkan diri berkunjung ke Lapas Sampang. Akan tetapi aksi sekelompok massa bersepeda motor tersebut tidak sampai di situ.

Para pengendara motor ini terus membuntuti keluarga ustadz Tajul hingga ke rumahnya di Dusun Nanggernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang.

"Saat itulah terjadi bentrok antara kedua belah pihak," tutur Alfian Nurizal.

Bentrok antara kelompok bersepeda motor dengan keluarga kelompok Islam Syiah ini memicu warga lain yang selama ini tidak suka dengan aliran itu berdatangan.

Massa bersenjata tajam mendatangi perkampungan Syiah di Dusun Nanggernang dan membakar sebagian rumah pengikut aliran itu.

Tidak kurang dari seribu warga bersenjata tajam mengepung pengikut kelompok Islam Syiah. Petugas dari kepolisian Polres Sampang sedang berupaya mengamankan aksi penyerangan ini dengan menerjunkan petugas gabungan dan meminta bantuan TNI.

Kasus penyerangan kelompok Islam Syiah di Dusun Nanggernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang, Madura kali ini merupakan kali kedua dalam dua tahun terakhir ini.

Aksi serupa pernah terjadi pada akhir Desember 2011. Ketika itu, rumah pimpinan Islam Syiah, mushala dan madrasah kelompok Islam minoritas ini diserang oleh kelompok massa anti Syiah.

Sebanyak 200 jiwa lebih pengikut Islam Syiah terpaksa mengunggi ke tempat yang lebih aman. Harta benda mereka juga dirampas dan anak-anak kelompok Syiah dikucilkan.

KRONOLOGI KERUSUHAN DI SAMPANG, MADURA, AKIBAT PERBEDAAN ALIRAN KEAGAMAAN, MINGGU 26/7/2012, Penyebab Kerusuhan di Sampang Madura, Kerusuhan Madura, Syiah VS Sunni di Sampang Madura




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/08/kronologi-kerusuhan-di-sampang-madura.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

KRONOLOGI KERUSUHAN DI SAMPANG, MADURA, AKIBAT PERBEDAAN ALIRAN KEAGAMAAN, MINGGU 26/8/2012

Posted by Best SEO Easy, Published at 5:34 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment