Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

KONTROVERSI IKLAN KLINIK TCM (TRADITIONAL CHINESSE MEDICINE), Iklan Testimoni Pengobatan Alternatif di TV Menyesatkan

Iklan testimoni TCM di televisi dianggap membohongi publikKONTROVERSI IKLAN TCM (TRADITIONAL CHINESSE MEDICINE) DI TELEVISI, Iklan Testimoni Pengobatan Alternatif di Televisi Dianggap Menyesatkan. Apa yang salah dengan klinik pengobatab tradisional? Belakangan ini televisi marak dengan tayangan iklan klinik pengobatan alternatif. Promosi iklan yang cenderung berlebihan mendapat sorotan karena frekuensinya yang gencar dalam beberapa bulan terakhir. Masyarakat bahkan hampir setiap hari dapat menyimak iklan testimoni tersebut di beberapa stasiun televisi, baik nasional maupun lokal. Tak heran bila iklan kesaksian pasien ini menjadi sangat populer di masyarakat. Padahal, iklan ini dinilai beberapa kalangan berpotensi menyesatkan dan merugikan masyarakat. Baca juga MITSUBISHI MIRAGE, MOBIL TERBARU BERMESIN 1,2 LITER, PESAING HONDA BRIO


Iklan berisi testimoni ini menawarkan janji dan jaminan kesembuhan, serta ditayangkan oleh televisi nasional secara berulang-ulang. Secara psikologis, testimoni ini dapat menimbulkan rasa ingin tahu masyarakat untuk mencoba. Dengan janji dan jaminan sembuh 100 persen, mereka yang sakit akan tergerak berobat ke klinik seperti ini. Pada gilirannya, iklan testimoni ini justru berpotensi merugikan masyarakat baik dari sisi finansial, psikis, maupun kondisi kesehatannya.

Seperti diungkapkan pengamat kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia Prof dr Hasbullah Thabrany, iklan kesaksian pasien yang diusung klinik-klinik pengobatan alternatif, baik traditional chinese medicine (TCM) maupun klinik tradisional lainnya, belum dapat menyajikan fakta-fakta ilmiah sehingga cenderung berpotensi menyesatkan masyarakat.

"Iklan testimoni itu tidak bisa mewakili bukti ilmiah. Kalau mereka bisa menyodorkan hasil berdasar riset, misalnya berapa ratus pakai obat itu untuk mengatasi kanker dan tidak pakai obat lain ternyata sembuh, ya boleh silakan, kita dukung. Kalau belum, lalu diiklankan besar-besaran di televisi itu sangat menyesatkan," kata Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara pun telah memberi peringatan dan menindaklanjuti iklan pengobatan tradisional Klinik Tong Fang, yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Iklan itu dianggap menyalahi perundangan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menurutnya, dari segi bahan baku obat serta pendirian klinik, Tong Fang memang telah mengantongi izin. Namun iklan Klinik Tong Fang yang selama ini beredar, sambungnya, telah menyalahi Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1787/Menkes/Per/XII/2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan, serta Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 386/Men.Kes/SK/IV/1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Tradisional.

Menyoal hal tersebut, Sudin Kesehatan Jakarta Utara telah memperingati pengelola Klinik Tong Fang untuk mengubah iklan mereka di media massa.

Pihak KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) sebelumnya juga telah mengirimkan surat teguran terhadap tiga iklan Traditional Chinese Medicine (TCM). Iklan TCM ini dianggap KPI telah melanggar Etika Pariwara karena menyertakan testimoni serta mencantumkan harga atau diskon dalam iklan atau publikasi.

Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Nina Mutmainnah menambahkan, 11 stasiun televisi telah mendapat surat imbauan karena menayangkan 7 iklan layanan kesehatan yang memuat testimoni dan mencantumkan harga atau diskon. Sebanyak 4 dari 7 iklan ini telah diedit atau tidak muncul lagi di televisi, 3 iklan klinik lainnya masih tayang.

"Kami telah melayangkan 6 surat teguran tertanggal 9-10 Agustus 2012 kepada 6 stasiun televisi yang masih menayangkan 3 iklan klinik ini. Tiga iklan klinik tersebut adalah Klinik Tong Fang, iklan Cang Jiang Clinic TCM, dan iklan Tay Shan," katanya.

Jika ketiga klinik pengobatan tersebut masih 'bandel', maka 3 iklan tersebut akan dihentikan penayangannya.

KONTROVERSI IKLAN TCM (TRADITIONAL CHINESSE MEDICINE) DI TELEVISI, Iklan Testimoni Pengobatan Alternatif di Televisi Dianggap Menyesatkan, Iklan Tong Fang Terancam Dihentikan, Penyebab Iklan Klinik TCM Menjadi Sorotan




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/08/kontroversi-iklan-klinik-tcm.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

Comments :

No comments:

Post a Comment