Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

KRONOLOGIS & PENYEBAB KERUSUHAN DI LAPAS KELAS II A LABUHAN RUKU, SUMATERA UTARA

Kebakaran di Lapas Labuhan Ruku akibat kerusuhan yang dilakukan narapidanan, yang menyebabkan 49 napi melarikan diriKRONOLOGIS & PENYEBAB KERUSUHAN DI LAPAS KELAS II A LABUHAN RUKU, SUMATERA UTARA. Kerusuhan kembali terjadi di lembaga pemasyarakatan (Lapas). Kali ini di Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Minggu (18/8/2013) petang. Akibat insiden itu, 2 ruangan di dalam lapas terbakar. Lihat juga (KRONOLOGIS) BENTROKAN FPI & WARGA PECAH DI LAMONGAN Penyebab Bentrokan antara FPI dan Warga di Lamongan.

Sejumlah narapidana pun dikabarkan kabur saat terjadi kerusuhan dan kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Sumatera Utara, Minggu (18/8/2013) sore. Kasubdit Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjend Pas Kemenkumham) Akbar Hadi mengatakan, para tahanan berhasil kabur setelah mampu melumpuhkan sipir di pos pengamanan lapas.

Kronologis

Berikut kronologis sementara kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II A Labuhan Ruku yang berlokasi di Jalinsum Desa Pahang, Kec Talawi Kab Batubara, Sumatera Utara.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Ronny Franky Sompie, dalam keterangan singkatnya kepada wartawan menjelaskan penyebab sementara terjadinya kerusuhan dan pembakaran tersebut.

"Berawal pada tanggal 17 Agustus 2013 adanya pemindahan 49 orang napi dari Lapas Lubuk Pakam ke Lapas Labuhan Ruku," tulisnya, Minggu malam.

Kemudian, lanjut Franky, hari ini, pada saat napi istirahat sekitar pukul 16.00 WIB, ada sekelompok napi duduk-duduk dan memanggil sipir yang sedang berjaga hingga kemudian terjadi pemukulan. Kelima napi tersebut langsung berteriak 'serbu'.

Ada napi yang bertindak sebagai provokator sehingga pada hari Minggu, tanggal 18 Agustus 2013 pukul 17.00 WIB, narapidana spontan menerobos ke pos pengamanan dan melakukan penyerangan terhadap petugas serta melakukan pembakaran ruang KPLP dan ruang registrasi

Ada beberapa penghuni yang melarikan diri dengan melompat pagar tembok Lapas. Berdasarkan data yang dimiliki Mabes Polri, saat ini ada sekitar 25-30 napi yang kabur dari lapas. Pihak lapas dan kepolisian sedang mendata napi-napi yang kabur agar memudahkan pencarian ke depannya.

Lapas Labuhan Ruku diisi oleh 867 penghuni dari kapasitas sekitar 300 orang. Saat ini di pihak Lapas juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, TNI dan pemadam kebakaran untuk mengamankan lokasi. Namun, lokasi Lapas letaknya cukup jauh dan butuh waktu sekitar 45 menit dari Polres ke Lapas.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/08/kronologis-penyebab-kerusuhan-di-lapas.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

KRONOLOGIS & PENYEBAB KERUSUHAN DI LAPAS KELAS II A LABUHAN RUKU, SUMATERA UTARA

Posted by Best SEO Easy, Published at 10:37 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment