Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

12 PROVINSI DI INDONESIA BERISIKO TINGGI BAHAYA TSUNAMI

Wilayah Aceh saat terkena dampak tsunami pada tahun 200412 PROVINSI DI INDONESIA BERISIKO TINGGI BAHAYA TSUNAMI. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan sebanyak 23 provinsi dari 33 provinsi di Indonesia, ditetapkan sebagai daerah yang berisiko tinggi dilanda bencana tsunami. Lihat juga KRONOLOGI WANITA CANTIK NGAMUK DI RUMAH MERTUA DIAN SASTROWARDOYO Wanita Misterius Ngamuk Rusak Pagar & Mobil Mewah Pengusaha Adiguna Sutowo.

Dari 23 daerah berisiko tinggi itu, BNPB menetapkan 12 provinsi sebagai provinsi prioritas rawan tsunami, termasuk Aceh.

Penentuan wilayah prioritas rawan tsunami itu, terungkap dalam Master Plan Penanggulangan Tsunami di Indonesia yang dijadikan dokumen dasar pembahasan Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung sejak Selasa (29/10/2013) sampai Rabu (30/10/2013) hari ini, di Hotel Sulthan Banda Aceh.

Pertemuan yang merupakan FGD ke-3 ini, dihadiri sejumlah geolog dan pakar tsunami dari Aceh, Sumatera Barat, Jakarta, dan NTB.

Sesi-sesi diskusinya dipimpin Dr Eng Syamsidik, dosen Fakultas Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala yang juga pengurus Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah.

Dalam FGD yang dipandu Dr Eldina Fatimah dari FT Sipil Unsyiah itu, disebutkan penentuan provinsi rawan tsunami dilakukan berdasarkan jumlah wilayah dengan keterpaparan yang terbanyak.

"Penetapan provinsi ini tidak berarti bahwa selain 12 provinsi tersebut tidak memerlukan upaya penanggulangan bencana tsunami. Dan urutan ke-12 provinsi itu tidak pula menunjukkan ranking risiko tsunami," kata Soesmarjanto Soesmoko, anggota Tim Asistensi BNPB untuk Penyusunan Rencana Nasional Penanggulangan Bencana.

Disebutkan juga, bila diukur berdasarkan jumlah penduduk yang terpapar saat ini, Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terpapar tsunami paling banyak di antara 23 provinsi yang berisiko tinggi.

Itu mengingat penduduk Jawa Tengah yang terbilang sangat banyak. Di Aceh sendiri, ada tujuh kecamatan dan 185.536 penduduk yang hidup di bawah bayang-bayang ancaman tsunami.

Tapi, untuk menyikapi kebutuhan penanggulangan bencana yang berkelanjutan dengan ketersediaan anggaran yang terbatas, maka BNPB bersama lembaga terkait telah memilih zona prioritas yang tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai langkah awal, dipilihlah 12 provinsi dengan tingkat keterpaparan yang terbanyak untuk dilakukan upaya-upaya penanggulangan yang komprehensif dalam lima tahun ke depan (2015-2019).

Diatur juga mekanisme bahwa 12 provinsi yang ditetapkan sebagai prioritas di setiap pulau itu akan menjadi pilot area atau leading bagi provinsi di sekitarnya. Hal ini akan memudahkan pemerintah pusat menjangkau wilayah lainnya dengan berkoordinasi ke provinsi target jika terjadi tsunami yang memerlukan penanggulangan segera.

Zona Prioritas Berisiko Tinggi Tsunami

1. Aceh
2. Sumatera Barat
3. Banten
4. Jawa Barat
5. Jawa Tengah
6. Jawa Timur
7. Bali
8. Nusa Tenggara Barat
9. Sulawesi Selatan
10. Maluku
11. maluku Utara
12. Papua




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/10/12-provinsi-di-indonesia-berisiko.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

12 PROVINSI DI INDONESIA BERISIKO TINGGI BAHAYA TSUNAMI

Posted by Best SEO Easy, Published at 9:40 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment