Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

PERUT KEMBUNG PADA SI KECIL : GEJALA, PENYEBAB & CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG

Gejala & penyebab Perut Kembung pada BayiPERUT KEMBUNG PADA SI KECIL : GEJALA, PENYEBAB & CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG . BAYI 4 bulan ke bawah rentan terserang kembung karena organ pencernaanya belum matang, akibatnya gas mudah berkumpul di lambung atau usus, jadilah kembung. Baca juga BATUK TERUS MENERUS BISA JADI INDIKASI GEJALA PENYAKIT JANTUNG

Penyebab kembung:

* Posisi menyusui kurang tepat sehingga udara ikut terhisap.
* Bayi tidak segera disusui saat lapar sehingga udara masuk perut.
* Bayi terutama yang tidak tahan laktosa diberi susu formula, sehingga kandungan laktosanya menyebabkan gas terkumpul dalam usus.
* Bayi usia 6 bulan mendapat makanan tambahan berisiko penumpukan gas di pencernaan semakin besar. Ini karena masa peralihan dari susu ke makanan padat rentan mengakibatkan ganguan pencernaan dan pengaliran makanan.


Gejala Kembung:

* Menangis terus menerus
* Menarik-narik kakinya ke arah perut
* Sering buang angin
* Perutnya keras setelah makan

Lantas, bila si kecil mulai mengalami perut kembung, Anda perlu menerapkan beberapa langkah sederhana berikut :

Tepuk punggung bayi dengan lembut

Setelah makan, Anda perlu menepuk punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Anda bisa melakukan hal ini selama satu sampai dua menit sampai bayi bersendawa. Kembung mulai berkurang ketika bayi bersendawa.

Gosok perut bayi

Untuk mengatasi kembung, Anda perlu menggosok perut bayi dengan lembut menggunakan minyak penghangat tubuh. Namun sebelum hal tersebut dilakukan, Anda harus membaringkan bayi terlebih dulu kemudian memijat perutnya dengan memberi sedikit tekanan. Langkah ini dapat mengatasi rasa kembung pada perut anak.

Beri air hangat

Bila perut bayi kembung, Anda perlu memberi sedikit air hangat untuk diminum. Anda jangan memberi air yang panas. Selain itu, Anda juga perlu memandikan bayi menggunakan air hangat. Langkah ini mampu memulihkan perut bayi yang kembung.

Waspada dengan susu formula yang dikonsumsi si kecil

Anda perlu waspada dengan susu formula yang dikonsumsi si kecil, sebab beberapa susu formula mampu membuat perut bayi kembung. Anda perlu mengamati apakah perut anak kembung setelah minum susu formula? Jika ya, maka Anda harus menghindari si kecil dari susu formula tersebut.

Membiarkan si kecil berolahraga

Anda perlu membiarkan bayi berolahraga. Salah satu olahraga yang dapat diterapkan dengan memegang kakinya kemudian menggerakannya secara perlahan. Langkah ini mampu meningkatkan pergerakan usus dan memudahkan bayi untuk membuang gas.

Membiarkan si kecil aktif bergerak

Anda dapat mengisi waktu luang dengan mengajak si kecil bermain. Anda perlu melibatkan bayi dalam kegiatan yang menyenangkan guna membantunya mengeluarkan gas yang ada di perut. Gerakan tubuh bayi yang semakin meningkat mampu membantunya mengeluarkan gas melalui sendawa.

Tindakan dokter diperlukan jika cara-cara di atas belum berhasil. Mungkin perlu pemeriksaan pencitraan (radiology) untuk mencari penyebab kembung.

PERUT KEMBUNG PADA SI KECIL : GEJALA, PENYEBAB & CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG, Tips Mengatasi Kembung pada Bayi, Cara Alami Atasi Perut Kembung pada Bayi, Tips Merawat Bayi




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/05/perut-kembung-pada-si-kecil-gejala.html?m=0
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

PERUT KEMBUNG PADA SI KECIL : GEJALA, PENYEBAB & CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG

Posted by Best SEO Easy, Published at 3:20 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment